Seminar Nasional Keperawatan 2021 Prodi S1 Keperawatan

By Administrators 18 Okt 2021, 08:24:40 WIBAkademik

Seminar Nasional Keperawatan 2021 Prodi S1 Keperawatan

Keterangan Gambar : Seminar Nasional Keperawatan 2021 Universitas Aisyiyah Surakarta


Surakarta - Organisasi Ikatan Mahasiswa Prodi (IMP) Sarjana Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta mengadakan Kegiatan Seminar Nasional Keperawatan dengan judul "OPTIMALISASI PERAN PERAWAT DALAM TANGGAP BENCANA NASIONAL COVID 19"

Tujuan dari diselenggaakan acara ini yaitu untuk menambah pengetahuan perawat dan mahasiswa keperawatan mengenai peran perawat dalam menaggulangi pandemi covid 19,  meningkatkan kesadaran, kepedulian, serta partisipasi perawat dan mahasiswa keperawatan  dalam pelaksanaan realisasi tenaga kesehatan untuk melakukan upaya tanggap bencana nasional pandemi covid 19. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 16 Oktober 2021 pukul 08.10 WIB s/d selesai, kegaiatan  dilaksanakan secara daring melalui Aplikasi Zoom Video dan Live Youtube.

Acara ini dimulai dan dibuka oleh MC yaitu Azzah Nabillah dilanjutkan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Putri Ana Devi,kemudian sambutan dari ketua prodi Sarjana Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta,Ibu Anjar Nur Rohmah S.Kep.,Ns.M.Kep. dilanjutkan dengan sambutan ketua DPD PPNI kota Surakarta yang diwakilkan oleh sekretaris DPD PPNI Surakarta yaitu Bapak Juli Muhammad Kartiko, S.Kep.,Ns. Kemudian memasuki acara inti yaitu pemaparan materi dari para pembicara yang di pimpin oleh  moderator acara, Dias Drastistiana.

 

Adapun pemateri dan key note speaker pada Seminar ini adalah  A.Farih Raharjo dr., Sp.P(K)., M.Kes Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Menurut dokter berdasarkan derajatnya kasus covid-19 seperti tanpa gejala, ringan, sedang, berat, dan kritis. Untuk gejala yang paling umum dirasakan oleh penderita adalah kelelahan, kehilangan Indra penciuman atau bau.

Namun, sekarang masyarakat tidak perlu khawatir karena sudah ada vaksin bagi covid-19 yang bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vaksin itu sendiri digunakan untuk menstimulasi sistem imun tubuh dan akhirnya dapat memproduksi imunitas tubuh terhadap suatu penyakit.

Pembicara 1 Ika Silvitasari S.Kep.,Ns.M.Kep selaku dosen Universitas Aisyiyah Surakarta. Menurut beliau peran perawat dalam penanganan bencana nasional covid-19 salah satunya adalah peran perawat dalam perawatan fisik, yaitu perawat akan terlibat aktif dalam pemberian asuhan keperawatan selama 24jam ditatanan layanan klinis  seperti rumah sakit, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia. Dan untuk pembicara 2 Hasanah M.Kep selaku perawat di RSUD Palembang. Mengemukakan bahwa menejemen kebijakan bencana antara lain : tim siaga, tim penanganan covid-19, kebijakan atau peraturan internal rumah sakit yang mengacu pada kebijakan pemerintah, menyiapkan fasilitas dan sarana kebutuhan penanganan covid-19, Menyiapkan sumber daya rumah sakit sesuai kebutuhan yang memenuhi konsistensi. Kesiapan perawat dalam penangan covid-19 adalah sebagai berikut : pengetahuan, sikap, praktik atau pengalaman, dan Sosio demografi.

Seminar ini dikuti kurang lebih 436 peserta yang pesertanya adalah dari berbagai kalangan yaitu  mahasiswa internal Unversitas Aisyiyah Surakarta, mahasiswa eksternal,umum,perawat, dan beberapa dosen Keperawatan Universitas 'Aisyiyah Surakarta. Kegiatan seminar ini dapat menambah pengetahuan perawat dan mahasiswa perawat terhadap peran perawat dalam menaggulangi pandemi covid 19.  Meningkatkan kesadaran, kepedulian, serta partisipasi perawat dan mahasiswa keperawatan  dalam pelaksanaan realisasi tenaga kesehatan untuk melakukan upaya tanggap bencana nasional pandemi covid 19.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang antara peserta dan narasumber, peserta sangat berantusis bertanya kepada narasumber, dan selanjutnya dibacakan kesimpulan oleh moderator. Semoga acara ini bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang mengikutinya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Seberapa Efektifkah Pencegahan COVID-19 Di Indonesia menurut anda ?
  Sangat Efektif
  Cukup Efektif
  Efektif
  Tidak Efektif
  Sangat Tidak Efektif

Komentar Terakhir

  • Moola

    https://www.callsupportgroup.com/acer-support/ http ...

    View Article
  • smm panel

    https://peakerr.com/ Hello, I read Your Article. This is very Helpful for me. ...

    View Article
  • instagram panel

    Name: instagram panel https://peakerr.com/ Hello, I read Your Article. This is very ...

    View Article
  • instagram panel

    Name: instagram panel https://peakerr.com/ Hello, I read Your Article. This is very ...

    View Article